Selasa, 15 Juni 2010

PUT IT A WHOLE OR NEVER

Kang Wira Tersenyum manalaka teringat kata kata anaknya waktu masih umur 7 tahun. Anak perempuan Kang Wira itu lucu, menggemaskan dan tukang ngomong, bahkan tetangga Kang Wira pernah berkata bahwa anak itu ngomongnya melebihi umurnya. "Nok, kamu kelas berapa?" sering orang bertanya bila ketemu anak Kang Wira. "Kelas satu setengah", jawabnya. "Loh?" emang ada kelas satu setengah di SD? tanya teman Kang Wira sambil tertawa.Ada.. Enggak tahu ya", jawab anakku. Kang Wira Juga bangga dengan anaknya, jiwa sosialnya tinggi. Walau hanya punya makanan ditangan dia bagi setengahan dengan temannya.

Ngomong ngomong tentang setengah, kang Wira sering bingung ada sebagian orang mengatakan makan itu jangan langsung semuanya, nggak nikmat, sedikit sedikit, setengah setengah itu lebih nikmat. Tapi adalagi yang mengatakan, kalau bertindak jangan setengah setengah, kerjakan segala sesuatu sampai tuntas selagi masih semangat, "Do while iron is hot". Dan, almarhum Mama Laurent pun bilang kalau setengah setengah itu tandanya orang peragu, kelak disuatu masa dia akan merugi, susah hidupnya. Peragu adalah pecundang.

Bertindak setengeh setengah juga ada nikmatnya seperti makanan. Ketika ada duri atau makanan yang tidak disukai ya jangan dimakan. Dan itulah yang sering kita lakukan ketika suatu aturan menguntungkan kita, pasti diikuti semua, misalnya kalau diberi kebebasan untuk memungut biaya dari bawahan atau masyarakat tanpa dilihat lagi langsung diikuti bahkan diagungkan aturan itu,tapi bila ada syarat yang mengikat yang harus dilakukan maka dicari celah untuk menghindar, dan dicari pembenaran atas suatu tindakan yang diluar ketentuan. "Proyek kita ini adalah semi, jadi kita belum semua aturan kita jalankan" kata atasan kang Wira.

Ayah .... Bangun! makan koq sambil tidur? kata anakku mengagetkan. Enggak .... ayah cuma ngantuk, setengah tidur, jawabku beralasan. Kalau tidur ... ya tidur, kalau makan ... ya makan, jangan nidurin makanan, kata anakku lagi. Kang wira hanya tersenyum sambil ngloyor meninggalkan makanan dimeja dan tidur dengan sukses

1 komentar:

  1. woooow... I like this.... semi????!!!! qqiqiqiqi

    BalasHapus

Your advices feed us to grow up